Selasa, 16 November 2010

Membuat Pelajaran Matematika Menjadi Menyenangkan

Pelajaran matematika sering kali dianggap momok (hantu) oleh anak. Hal ini saya ketahui dari siswa-siswa saya yang kurang semangat belajar saat pelajaran matematika. Mereka selalu bilang, "yachhh matematika lagi, aku tidak suka." Sebagian besar menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Saya yakin, yang membuat anak tidak menyukai suatu mata pelajaran lebih karena mereka tidak menguasainya dengan baik.

Namun kita bisa mengakalinya dan membuat palajaran matematika menjadi menyenangkan bagi anak, berikut ini tips-tipsnya:

1. Mengubah Paradigma
Paradigma anak-anak, matematika adalah pelajaran yang sulit. Maka ubahlah paradigma tersebut, buatlah metode bermain sambil belajar matematika. Misalnya dengan membuat education card yang bergambar dengan soal penjumlahan, pengurangan, perkalian & pembagian di belakang.

2. Metode Contoh Langsung
Metode ini dilakukan dengan cara menghadirkan contoh langsung kepada anak atau menceritakan sesuai dengan kehidupan nyata. Contohnya pada materi "Satuan Berat" kita tunjukkan neraca/timbangan beserta anak timbangannya.

3. Metode Cara Cepat
Melalui metode ini, anak dapat mengerjakan soal dengan cepat. Misalnya dalam menentukan KPK dan FPB dari tiga variable, kita dapat sekaligus menyelesaikan tiga variable tersebut dengan cara bersusun.

4. Latihan Soal
Melatih anak dalam mengerjakan soal sangat penting, jadi anak bisa praktek/menerapkannya langsung dalam soal. Sebaiknya setelah penjelasan dari guru, anak langsung diberi soal yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman anak.

Semoga tips tersebut dapat bermanfaat!

2 komentar:

  1. Salam kenal… Nama saya Kak Zepe
    Metematika akan menjadi sangat mudah bila diajarkan dengan cara yang menyenangkan..
    Saya juga ada metode mengajarkan matematika dengan cara yang menyenangkan, terutama buat anak-anak…
    Untuk menemukannya bisa klik:
    http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/metode-mengajarka-matematika-kreatif.html

    BalasHapus
  2. salam kenal juga...
    wah metode yg asyik tu, nanti akan saya coba terapkan. Apakah Kak Zepe punya metode yang menyenangkan untuk pelajaran lain, misalnya IPS (banyak anak yang mengalami kesulitan di pelajaran ini) ?

    BalasHapus